madang moel KARANGANYAR FIZ R COMUNITY: January 2013

Wednesday, January 9, 2013

Bagan Mesin motor YAMAHA F1ZR

Bagan Mesin motor YAMAHA F1ZR


Dibawah ini gambar bagan mesin motor YAMAHA Force One, mungkin bagi teman-teman yang mempunyai motor force one bisa melihat detailnya; tulisan di sebelah kanan gambar menerangkan kode, nama serta ukuran komponen yang ada di dalam mesin, kalau mungkin teman-teman pingin motor force one kembali standar maksudnya seperti bawaan pabrik gambar dibawah bisa buat acuan, terutama untuk nama dan ukuran komponen.



untuk gambar yag kedua (gambar bawah ini) menerangkan isi (jeroan mesin) coba perhatikan ada beberapa bagian yang sangat crusial seperti Piston, ring piston, stang seher dkk, itu semua bagan asli dari pabrik maksudnya komponen yang belum di oprek.

Tuesday, January 8, 2013

kampas kopling

Performa kopling selama perjalanan bdg-bms kemarin sangatlah lemot. Pindah gigi dan tancap gas, mesin meraung tapi akselerasi kecepatan sangat lemot. Sabtu siang kemarin kuputuskan untuk ganti kampas kopling. Yah si katro ini sudah tua, udah saatnya servis besar. Alih-alih memakai kampas kopling FIZR yang original, saya pakai kampas kopling Suzuki FR 80. Hehehehe anda pasti bingung tentang Suzuki FR 80, motor apakah itu???
Itu motor jadul saya jaman SMA… 20 tahun lalu! . Amazing bukan. Masih ada original parts dari motor yang berhenti diproduksi belasan tahun lalu ! Harganya juga bukan main, kampas kopling Suzuki FR 80 original harganya 45 ribu perbuah. Yang dipakai ada 5 buah, total 225 ribu satu set-nya.. Sebuah bengkel di Sindang Laya Bandung malah pasang harga 300 ribu untuk satu set. Padahal kampas kopling FIZR yang original hanya 20 ribu perbuah atau 100 ribu satu set-nya. Kampas kopling FR 80 dari Indoparts malah cuman 70 ribu satu-setnya. Karena kampas kopling Suzuki FR 80 ukurannya lebih besar, sekitar 2 kali lebih lebar, maka rumah kopling harus dibubut. Masuk bengkel jam 12 siang, keluar dari bengkel jam 6 sore!.
Berikut biaya detail-nya :
1 5 bh kampas kopling Suzuki FR 80 225 ribu
2 Bubut dan seal 40 ribu
3 Oli Mesin Enduro 27 ribu
4 Ongkos 25 ribu

Total 317 ribu
kopling-fr-11
plat-kopling
Nah ternyata sang mekanik di pbg ternyata pekok. Kenapa? Karena yang dibubut rumah koplingnya sehingga plat kopling tidak cukup mencengkeram rumah kopling seperti aslinya. Pada gambar diatas terlihat ada space antara plat kopling dan rumah kopling. Seharusnya yang dibubut adalah kampas koplingnya supaya bisa masuk ke rumah kopling.
Jangan lupa kalau tutup blok bagian kopling dibuka, maka oli baru yang dimasukan adalah 1 liter bukan 800 cc. Kalau cuman 800 cc dijamin tak lama kemudian laher kruk-as kena/rusak. Buntutnya turun mesin :p .
Update :
Tutup oli dan pengukur ketinggian oli
- ketinggian oli adalah 6 cm dari bawah tutup oli

- cek oli saat mesin dingin dan motor distandar tengah

Sunday, January 6, 2013